Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Rahasia "Night Vision" Kucing

1 comments


Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kucing memiliki kemampuan spesial dalam hal penglihatannya, yakni "Night Vision" yang memungkinkan si Kucing mempunyai penglihatan tajam meskipun di malam hari. So, apa rahasianya?
Seekor kucing mempunya sebuah organ yang bernama Tapetum lucidum, letak organ ini berada di bagian belakang matanya. Cara kerja organ yang satu ini layaknya sebuah cermin, yang berfungsi untuk memantulkan cahaya yang nantinya akan membantu si kucing memperoleh penglihatan meskipun dalam kondisi yang gelap. Nah, jika kalian sadar jika dimalam hari mata kucing dapat menyala. Organ ini pulalah penyebabnya, saat ia terkena pantulan sinar maka mata kucing akan menyala dalam kegelapan.


Faktor lain yang menyebabkan kucing mempunyai kemampuan "Night Vision" adalah karena ia mempunyai sel-sel batang dibandingkan sel kerucut di retina mereka. Seperti yang kita ketahui, sel batang mempunyai sensitifitas yang tinggi terhadap cahaya. Mereka membentuk bayangan hitam atau putih tergantung dari cahaya yang datang dari objek, tetapi mereka sangat sensitive walau hanya dengan sedikit cahaya.



Do you like this story?

Related Post:

1 comment: